Mengenal 4 A (Attraction, Accesability, Amenities, & Ancillary) Sektor Pariwisata


Gambar oleh Jufri Derwotubun dari Pixabay 
Dalam pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata dibutuhkan empat aspek utama yang harus diperhatikan. Empat aspek ini menjadi sangat penting, mengingat keberlangsungan suatu destinasi pariwisata akan menjadi fokus penting saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir, sektor pariwisata telah menjadi maradona bagi masyarakat luas, utamanya adalah para pelaku didalamnya. Bagaimana tidak, saat ini manusia dihadapkan pada kebutuhan penting untuk berwisata. Sehingga, fenomena ini dijadikan oleh para pelaku wisata untuk mengembangan beragam atraksi pada destinasi wisata baik dalam kapasitasnya sebagai pemerintah, swasta dan juga masyarakat pada umumnya bergegas dalam mengembangkan industri yang menjanjikan ini. Sehingga aspek yang harus diperhatikan antara lain ialah Attraction, Accessibility, Amenity dan Ancilliary. Berikut ulasan dari aspek-aspek tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

a. Attraction (Daya Tarik Wisata)

Saat ini, beragam daya tarik wisata telah banyak ditawarkan oleh para pengelola sebuah destinasi wisata diantaranya ialah wisata alam seperti gunung, laut, flora, fauna dan berbagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa lainnya atau wisata lain yang dibuat manusia seperti peninggalan sejarah, peninggalan purbakala, seni dan budaya, wisata air, wisata petualangan, taman rekreasi dan berbagai daya tarik lainnya.

b. Accesability (Aksesibilitas)

Dalam menunjang para wisatawan agar mudah menuju ke beragam destinasi wisata, mereka harus ditunjang oleh akomodasi yang memadai. Akomodasi yang dimaksud diantaranya ialah sarana transportasi bagi para wisatawan domestik atau mancanegara. Sebuah destinasi wisata yang dikunjungi harus tersedia sarana transportasi sesuai dengan untuk lokasi dari destinasi wisata seperti kendaraan umum, kereta, pesawat, kapal laut, dan lainnya selain itu juga kondisi jalan menuju lokasi harus memadai dengan baik. Selain itu, aksesibilitas ini juga harus ditunjang dengan keberadaan koneksi yang memadai sebagai sarana telekomunikasi dan sebagai salah satu poin untuk menunjang publikasi terhadap destinasi wisata dan berbagai akomodasi lainnya yang harus ditunjang dengan menyesuaikan destinasi wisata tersebut.

c) Amenities (Fasilitas)

Destinasi wisata selain ditunjang dengan akomodasi yang mumpuni juga harus di tunjang dengan dengan fasilitas yang baik agar dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan selama berada pada sebuah destinasi, seperti toko cenderamata, tempat ibadah, rumah makan, tempat mandi dan berbagai fasilitas umum lainnya.

d) Ancillary (Kelembagaan menyediakan layanan tambahan)

Keberadaan sebuah destinasi wisata harus ditunjang dengan keberadaan lembaga yang mengelolanya. Lembaga tersebut akan menjadi bermanfaat bagi para wisatawan karena mereka akan dimudahkan dengan berbagai dukungan layanan tambahan seperti informasi, keamanan dan berbagai layanan lainnya yang disediakan oleh organisasi, pemerintah daerah, pengelola destinasi wisata dan kelompok lainnya. 





Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

2 comments: