Zotero, "Your Personal Research Assistant" Mudahkan Penulis Karya Ilmiah Menata Sitasi dan Daftar Pustaka

Tampilan Aplikasi Zotero via www.zotero.org
Membuat sebuah karya tulis ilmiah bagi para akademisi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan, entah itu untuk pengerjaan tugas kuliah, tugas akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi), dan tugas penelitian lainnya. Berbicara tentang penulisan karya tulis ilmiah, sebuah tulisan tidak dapat dilepaskan dengan sumber rujukan yang dijadikan dasar sebagai referensi untuk mengutip. Dalam proses pembuatan kutipan, kita perlu memperhatikan beberapa hal dasar, salah satunya ialah berkaitan dengan bagaimana cara kita untuk membuat kutipan saat mengutip dan pembuatan daftar pustaka. Kali ini literaksipedia akan membahas software Zotero untuk membuat kutipan dan daftar pustaka. Zotero merupakan software yang dikembangkan untuk pengelolaan sitasi yang berkaitan dengan kutipan, referensi dan bibliografi. Software ini memiliki beberapa versi yang dapat kita gunakan yaitu versi install secara langsung atau yang bisa kita peroleh dengan menggunakan add-ons (plugin) pada browser bawaan seperti Chrome.
Zotero merupakan aplikasi yang berbasis open source dan kompatibel dengan berbagai macam platform seperti Windows, Linux dan Macintosh. Untuk dapat mendownload software ini, kalian dapat mengunjungi situs resminya di https://www.zotero.org/download/. Dengan memanfaatkan software ini, para penulis karya akan dapat dengan mudah dalam membuat kutipan dan daftar pustaka. Selain itu, Zotero dapat digunakan sebagai sarana bagi para pengguna untuk bertukar informasi yang berkaitan berkaitan dengan deskripsi bibliografi karya ilmiah dan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas penelitian yang terintegrasi oleh sistem pengutipan. Dengan demikian, pemanfaatan software ini dapat mempermudah penulis dalam menyelesaikan proses menulis sebuah karya ilmiah. 
Untuk dapat install software ini, setiap platform memiliki cara instalasi yang berbeda-beda, misalnya pada Mac untuk install file yang telah di download dengan cara membuka file yang berekstensi .dmg dan seret Zotero ke dalam folder Aplikasi. Langkah selanjutnya kita dapat menjalankan Zotero melalui Spotlight, Launchpad, atau menggunakan folder aplikasi dengan menambahkan ke Dock seperti aplikasi lain pada umumnya. Untuk install melalui windows dengan menjalankan program yang telah di download seperti install aplikasi lain di windows pada umumnya. Sedangkan untuk instalasi pada operating system Linux kalian pertama-tama harus mengunduh tarball, selanjutnya ekstrak konten dan jalankan Zotero melalui direktori tersebut. Sekedar catatan bahwa pada instalasi software Zotero melalui Ubuntu, tarball menyertakan file .dekstop yang dapat digunakan untuk menambahkan zotero ke dalam peluncur. Proses selanjutnya pindahkan direktori file yang telah diekstrak ke destinasi yang telah kalian pilih seperti (mis., /opt / zotero). Langkah selanjutnya, kita perlu menjalankan skrip set_launcher_icon yang digunakan untuk memperbaharui file pada .dekstop untuk destinasi tersebut dan symlink zotero.dekstop ke ~/.local/share/applications/ . (Contohnya, In -s /opt/zotero/zotero.dekstop ~/.local/share/applications/zotero.dekstop). Dengan langkah tersebut, zotero akan muncul pada peluncur yang telah kita install [1]. Setelah proses instalasi selesai kita dapat segera memanfaatkan software ini dengan berbagai cara misalnya dengan menambahkan deskripsi bibliografi secara manual atau otomatis melalui browser bawaan yang telah diintegrasikan dengan Zotero sehingga ketika kita mengetik sebuah karya dengan Microsft Office Word kita dapat langsung menambahkan sumber kutipan dari deskripsi bibliografi yang telah kita kelola di Zotero. Apabila kalian masih mengalami kesulitan dalam menggunakan software ini, Zotero telah dibekali Dokumentasi [2] yang lengkap terkait dengan penggunaanya, sehingga pengguna akan mudah memahami dalam mengimplementasikannya. 


[1] Installation Instructions Dalam " https://www.zotero.org/support/installation" diakses pada Selasa, 15 Oktober 2019 Pukul 10:30 WIB.
[2] Dokumentasi tentang Zotero telah tersedia pada website resminya di https://www.zotero.org/support/ mulai dari proses instalasi hingga penggunaan Zotero.


Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment