Berwisata Ke Luar Negeri ? Ada Beberapa Dokumen & Barang yang Wajib Kamu Bawa

                                    Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay 
Banyak orang yang ingin dan akan berkunjung ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan berbagai negara lain untuk berbagai agenda, salah satunya untuk berwisata. Dalam rencana untuk ke luar negeri tersebut, ada beberapa hal yang perlu kalian bawa sebelum memulai perjalanan dan sesaat setelah melakukan perjalanan. Kali ini literaksipedia akan berbagi tips tentang apa yang harus kalian bawa ketika kita sebagai wisatawan akan berkunjung ke berbagai negara tujuan :

1. Paspor
Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang di suatu negara yang berisi identitas pemegangya dan digunakan untuk melakukan perjalanan ke suatu negara agar dapat memperoleh izin masuk ke negara tuj. Apalagi saat kalian hendak ke luar negeri, agar mempermudah mengurus tiket perjalanan di perlukan paspor yang masih aktif agar mempermudah persiapanmu dalam melakukan suatu perjalanan ke luar negeri.

2. Visa
Visa merupakan salah satu dokumen perjalanan yang digunakan sebagai syarat izin masuk ke suatu negara. Visa dapat diperoleh di kedutaan masing-masing negara tujuan yang memiliki konsulat jenderal atau kedutaan asing di negara asal. Untuk di negara Asia Tenggara, biasanya dokumen izin masuk hanya menggunakan paspor, akan tetapi di berbagai negara lain selain menggunakan paspor juga menerapkan dokumen visa sebagai salah satu syarat izin masuk.

3. Tiket Perjalanan
Saat hendak berkunjung ke suatu negara, selain membawa paspor dan/atau visa, pastikan kalian memegang salah satu dokumen penting saat akan melakukan perjalanan yaitu tiket perjalanan.

4. Asuransi Perjalalan
Bagi kalian sebagai wisatawan, asuransi perjalanan sangat diperlukan sebagai salah satu dokumen penting saat kalian melakukan perjalanan ke luar negeri. Asuransi perjalanan digunakan sebagai jaminan perlindungan bagi seseorang yang hendak pergi ke luar negeri sebagai bentuk proteksi diri dari segala hal yang mungkin akan menimpa seseorang selama dalam perjalanan atau berada di luar negeri.

5. Dompet & Tas
Saat berkunjung ke suatu negara, penggunaan dompet dan tas sangat diperlukan, terlebih untuk  membawa uang dan menyimpan dokumen penting saat berkunjung suatu negara serta tas digunakan untuk membawa barang-barang penting lainnya.

6. Pakaian Secukupnya
Bagi kalian yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri, pastikan kalian membawa pakaian secukupnya agar tidak memperberat barang bawaan yang kalian bawa. Kalian dapat mengaturnya dengan menyesuaikan lamanya saat berada di negara tujuan.

7. Peralatan dan Perlengkapan Mandi
Peralatan dan perlengkapan mandi perlu kalian bawa saat hendak berkunjung ke luar negeri. Walaupun di beberapa akomodasi tujuan kalian menginap biasanya menyediakan peralatan dan perlengkapan mandi, akan tetapi banyak orang cocok-cocokkan ketika menggunakan peralatan dan perlengkapan mandi sehingga kalian perlu membawa sendiri saat berkunjung ke suatu negara.

8. Obat
Dalam berbagai kondisi, obat harus selalu tersedia. Dengan segala bentuk antisipasi, obat harus dibawa saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

9. Uang
Saat kalian ingin berkunjung ke suatu negara, pastikan kalian sudah membawa uang dengan mata uang negara tujuan dari negara asal yang dapat ditukarkan di beberapa money changer agar tidak mengalami kesulitan untuk mencari money changer saat berada di luar negeri.

10. Konektor Listrik 
Konektor listrik merupakan salah satu barang yang wajib dibawa ketika ke luar negeri. Biasanya ketika kita menggunakan konektor di Indonesia hanya menggunakan dua colokan, apabila sedang berada di luar negeri kalian perlu menggunakan konektor yang memiliki tiga colokkan karena di beberapa tempat di luar negeri menggunakan standar tiga colokan.

11. Botol Minum
Bagi kalian yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri, penting untuk membawa botol air minum saat berada di luar negeri. Di beberapa tempat berbagai negara, menyediakan air mineral  gratis di berbagai spot tertentu yang dapat dinikmati oleh banyak orang. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, akan meminimalisir pengeluaran uang konsumsi saat berada di luar negeri.

12. Payung dan Jas Hujan
Saat hendak ke luar negeri, payung dan jas hujan merupakan barang yang perlu dibawa. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi datangnya hujan di negara tujuan. Karena bisa jadi cuaca di negara tujuan berbeda dengan cuaca yang ada di negara kita. Sehingga langkah antisipasi payung dan jas hujan perlu dilakukan.

13. Maps, Buku Travel Guides & Kamus
Sebagai pendatang, utamanya para wisatawan perlu mengetahui berbagai destinasi yang akan mereka tuju. Dengan memanfaatkan aplikasi maps, mencari pada search engine atau memanfaatkan maps versi cetak dan buku travel guides yang disediakan oleh penyedia layanan informasi negara tujuan kalian dapat meminimalisir ketidaktahuan arah tujuan, dan kalian dapat mengetahui berbagai fasilitas serta layanan di negara tujuan . Selain itu penting bagi kalian untuk memanfaatkan kamus sebagai jembatan kalian dalam bekomunikasi dengan orang-orang di negara tujuan.

14. SIM Card
Bagi kalian yang ingin keluar negeri, salah satu hal yang wajib kalian perhatikan ialah koneksi untuk berkomunikasi. Perlu kita ketahui bahwa untuk dapat berkomunikasi dengan kerabat atau sahabat dan rekan lainnya kita perlu memanfaatkan koneksi. Banyak orang ketika ke luar negeri memanfaatkan layanan wifi yang di sediakan tempat penginapan atau tempat-tempat umum yang menyediakan koneksi wifi, Tapi kita perlu mengingat juga terkadang di suatu tempat di luar negeri tidak menyediakan layanan wifi sehingga kita perlu menggunakan sim card negara tujuan untuk memperlancar komunikasi selain menggunakan wifi


Demikian sedikit postingan tentang beberapa dokumen & barang yang wajib kalian bawa saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Semoga kalian dilancarkan dalam melakukan perjalanan ke luar negeri.



Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment