Mengenal Basic dan Advanced Search pada Search Engine Google

Gambar oleh William Iven dari Pixabay
Mesin Pencari (Search Engine) adalah sebuah program komputer yang digunakan sebagai fasilitas untuk menelusur informasi dari berbagai dokumen yang ada di internet. Beragam informasi yang kita cari melalui search engine dapat kita temukan dengan berbagai macam jenis informasi. Sebenarnya, saat ini kita telah dihadapkan pada beragam mesin pencari (search engine) yang dapat kita gunakan. Namun, dalam tulisan ini, literaksipedia akan mengulas secara singkat salah satu search engine yang sering digunakan yaitu Google. Melalui search engine Google, kita dapat menemukan beragam informasi misalnya saja dalam beragam jenis hasil penelusuran berupa gambar, berita, buku, video, shopping, penerbangan, keuangan dan lain sebagainya atau bahkan berbagai hasil pencarian/penelusuran lain yang diinginkan. Di Google, ada berbagai fasilitas untuk menelusur informasi, misalnya saja melalui Basic Search, Advanced Search dan atau bisa juga menggunakan symbol tertentu bahkan Boolean Logic. Akan tetapi, tulisan ini hanya akan berfokus pada Basic Search dan Advanced Search.

Bagi kalian yang sering mencari informasi di Google, pasti sudah sering menggunakan fasilitas pencarian basic search. Basic Search merupakan fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan melalui search box secara langsung. Biasanya kita langsung mencari sebuah informasi melalui www.google.com. Apabila kita mencari sebuah informasi menggunakan basic search, kita dapat langsung menuliskan kata kunci yang akan kita cari melalui kotak pencarian dengan hasil pencarian yang beragam. 

Selanjutnya, selain menggunakan basic search, google juga menyediakan fasilitas penelusuran menggunakan Advanced Search ? Ya Google Advanced Search merupakan fasilitas penelusuran yang menyediakan berbagai pilihan fitur pencarian/ penelusuran berdasarkan kata atau angka yang dimasukkan. Selain itu, dengan menggunakan Google Advanced Search kita juga dapat menemukan informasi dari kata atau angka yang kita masukkan dengan mempersempit (lebih spesifik) hasil pencarian/penelusuran berdasarkan bahasa, wilayah (negara tertentu), pembaharuan terakhir, situs atau domain, istilah yang muncul, penelusuran secara aman, jenis file, dan hak penggunaan dari informasi yang dicari. 

Melalui mesin pencari (search engine) ini , sebenarnya kita sebagai pencari / penelusur informasi akan memperoleh beragam manfaat, misalnya saja dalam hal memperoleh informasi tentu akan lebih efektif dan efisien. Informasi yang kita cari dan peroleh juga akan semakin spesifik dan revelan sesuai dengan kebutuhan kita dari berbagai sumber yang dapat dipercaya. Selain itu, informasi yang dapat kita temukan juga lebih beragam dan akurat.

Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment