7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Untuk Mendaftar Google Adsense


Source Own work, Author Pol Rius Gor

Bagi kebanyakan pemilik blog atau website, mengikuti program Google Adsense merupakan salah satu cara mereka untuk dapat memperoleh penghasilan. Google Adsense sendiri merupakan program yang berupa kerjasama untuk periklanan dan dilakukan melalui media online oleh Google. Program ini memungkinkan setiap orang  yang telah memiliki blog atau website dapat mendaftarkan situsnya pada Google Adsense. Apabila proses pendaftaran disetujui, program ini memungkinkan setiap pemilik blog atau website dapat memasang iklan dengan format yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara untuk blog atau wesite milik pendaftar sehingga memungkinkan pemiliknya dapat memperoleh penghasilan tambahan melalui program tersebut. Untuk dapat mengikuti program ini ada beberapa hal-hal yang akan literaksipedia share dan perlu diperhatikan serta dipenuhi oleh calon peserta sebelum memutuskan untuk mendaftar dan mengikuti program Google Adsense sebagai berikut :
1. Keaslian Konten
Keaslian konten pada website / blog yang kita buat menjadi salah satu syarat wajib untuk dipenuhi. Dalam membuat konten untuk dipublikasikan, usahakan penulis menulis sesuai dengan hasil pemikiran sendiri. Apabila mengambil informasi / bahan dari orang lain sebagai rujukan, tuliskan juga credit mereka untuk memberikan penghargaan atas penciptaan karya kepada penulis artikel pada sumber yang dirujuk.
2. Buat Konten Tematik
Setiap blog atau website yang dibuat sebaiknya fokus pada tema-tema / konten tertentu. Misalnya blog atau website yang kita buat berfokus pada tema tentang wisata, kuliner, pendidikan, atau yang lain.
3. Jumlah Artikel
Berbagai sumber yang literaksipedia baca, ketersediaan jumlah konten blog atau website ini sangat menjadi pertimbangan bagi Google Adsense untuk menerima pengajuan pendaftaran kita. Untuk jumlah konten sendiri ada beberapa sumber yang mengatakan di antara 5-10 dan atau jumlah lainnya diatas kisaran angka itu. Selain itu, usahakan setiap artikel yang ditulis memiliki jumlah karakter setidaknya 300-600 dalam setiap tulisan dan tentunya menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.
4. Menu Bar & Navigasi 
Hal lain yang perlu diperhatikan saat kita akan mencoba mendaftarkan blog atau website kita melalui program Google Adsense adalah menyediakan template yang memiliki menu bar dan navigasi. Setiap user yang akan mengunjungi blog atau website kita akan merasa dimudahkan dalam menjalankan situs kita ketika mereka di mudahkan untuk mengakses dan didukung dengan menu bar dan navigasi-navigasi yang kita sediakan.
5. Informasi Pada Blog atau Website
Seorang pembaca blog atau website akan merasa puas ketika membaca artikel dari sumber yang relevan. Maksudnya adalah kita penting untuk memberikan informasi kepada pembaca terkait dengan identitas penulis blog atau website, maksud dan tujuan penulisan dan informasi lain yang dapat memberikan manfaat lain bagi pembaca.
6. Buat Kebijakan Privasi
Kebijakan Privasi merupakan salah satu poin penting yang harus kita sediakan pada blog atau website kita. Dengan adanya kebijakan ini, kita dapat menjelaskan kebijakan-kebijakan / ketentuan yang mengatur akun pemilik blog atau website salah satunya adalah untuk menghargai privasi pengunjung, dan hak-hak dan kewajiban yang dapat dilakukan oleh pembaca, atau mitra blog dari pihak ketiga atau lainnya.
7. Usia Blog atau Website dan Pemiliknya
Saat kita hendak akan mengajukan blog atau website untuk didaftarkan pada program Google Adsense, penting juga kita memperhatikan usia blog atau website. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa untuk syarat usia minimal pendaftaran blog atau website pada Google Adsense minimal berusia pada kisaran 3-6 bulan. Namun yang perlu di catat, seberapa usia yang dimiliki oleh blog tersebut, sepanjang poin-poin diatas belum terpenuhi, agaknya kita akan sedikit sulit agar blog atau website kita dapat diterima untuk mendaftar Google Adsense. Selain usia blog atau website yang dijadikan bahan pertimbangan lain yaitu pastikan juga usia pemilik blog atau website yang akan mengikuti program ini telah berusia minimal 18 Tahun atau apabila kurang dari 18 setiap orang yang akan mendaftar harus menggunakan akun google milik orang tua atau wali untuk mendaftar ke Google Adsense.

Demikian beberapa hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kalian akan mendaftarkan situs blog atau website kalian, Semoga tulisan ini dapat menjadi referensi bagi kalian sebelum memutuskan untuk untuk mendaftar pada program Google Adsense.








Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

2 comments: