Program Aplikasi Android Gratis untuk Perpustakaan di Indonesia

Antar Muka Aplikasi via Biblio

Saat ini perkembangan transformasi perpustakaan ke ranah digital semakin berkembang dengan pesat. Beragam layanan berbasis digital diterapkan untuk mempermudah pustakawan dalam memberikan layanan terbaik bagi para pemustaka, misalnya dengan adanya Digital Library, Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) di Perpustakaan, dan pelbagai layanan lain seperti implementasi aplikasi android di perpustakaan. Android merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan pada smartphone dan komputer tablet. Di Indonesia, jumlah pengguna smartphone sangat banyak. Berdasarkan laporan We Are Social Januari 2020, Device Ownership pada smartphone di Indonesia telah mencapai 94 % (yang berusia 16-64 tahun). Adanya banyak pengguna handphone berbasis android di Indonesia ini dimanfaatkan oleh Fuad Wahyu Prabowo yang merupakan Mahasiswa Pascasarjana Konsentrasi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga sebagai founder CV. Biblio Corporation untuk membangun startup di bidang perpustakaan. CV. Biblio Corporation merupakan perusahaan sosial yang terdiri dari generasi muda pustakawan di Indonesia. CV. Biblio Corporation yang berdiri sejak tahun 2016 ini memiliki passion untuk mengembangkan perpustakaan dan memberdayakan pustakawan. Ini bagian dari perjuangan kepustakawanan di Indonesia. Kreatif, Inovatif, dan Solutif tanpa batas! Saatnya setiap perpustakaan di Indonesia memiliki online website, aplikasi android, dan layanan perpustakaan digital”.

Sebagai founder, Fuad Wahyu Prabowo dan timnya membuat aplikasi android untuk semua jenis perpustakaan di Indonesia secara gratis. Di Indonesia sendiri, terdapat beragam jenis perpustakaan seperti Perpustakaan Nasional, Perguruan Tinggi, Sekolah, Umum, Khusus dan pelbagai macam perpustakaan lainnya. Fuad, sapaan founder biblio ingin agar setiap perpustakaan memiliki aplikasi berbasis android. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah akses pengguna terhadap koleksi di Perpustakaan. Lebih dari itu, melalui aplikasi ini, pustakawan tidak perlu melakukan pemeliharaan insfrastruktur teknologi dan merubah sistem automasi yang sudah digunakan. Perpustakaan dapat menghubungkan aplikasi android dengan pelbagai aplikasi automasi perpustakaan yang popular dan gratis yang saat ini banyak digunakan oleh beragam jenis perpustakaan di Indonesia seperti Senayan Library Management System (SLIMS) dan INLISLite. Selain itu, aplikasi ini memiliki layanan pustakawan virtual. Pustakawan virtual merupakan salah satu layanan untuk membantu pustakawan dalam menjawab kebutuhan pengguna di perpustakaan.

Dalam tahapan implementasi aplikasi android ini, Biblio pada tahap pertama bulan April-Agustus 2020 telah bekerjasama dengan ATPUSI pusat dan berhasil mengonlinkan 150 perpustakaan di Indonesia. Dalam tahapan kedua, yang dimulai pada Bulan September 2020 hingga saat ini, Biblio memberikan kesempatan kepada 500 perpustakaan di Indonesia untuk untuk maju bersama menuju transformasi perpustakaan digital. Apabila pendaftar melebihi kuota, biblio akan memasukkan ke dalam antrian dan diikutkan pada tahapan selanjutnya. Mereka juga melakukan evaluasi di setiap tahapan agar dapat memberikan layanan yang semakin baik. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website Biblio atau melalui tautan WhatsApp disini .

 

Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

1 comment:

  1. How to Play Baccarat – A beginners guide to the game - FEBCAsino
    For example, the player's goal is to reach three of his possible points, and after that you can play a single hand. How to play baccarat is 실시간 바카라 사이트 as

    ReplyDelete