ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Selenggarakan Workshop “Photography Bukan Sekedar Foodtography”

@alusdiy

Pada era modern saat ini, fotografi telah diminati oleh banyak orang. Menurut KBBI, fotografi merupakan seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan. Kegiatan fotografi saat ini tidak hanya didominasi oleh fotografer profesional, namun banyak anak muda dan para pemula yang telah memanfaatkan fotografi sebagai tren dan bagian dari gaya hidup mereka. Dengan perkembangan teknologi dan fasilitas kamera yang semakin mumpuni, saat ini banyak para fotografer profesional dan pemula dapat menghasilkan jepretan menarik dengan menggunakan pelbagai jenis kamera yang ada dan tidak sedikit pula hasilnya mereka bagikan melalui media sosial. Selain perkembangan dan fasilitas kamera yang ada, para fotografer juga dapat meningkatkan beragam ilmu tentang fotografi melalui pelbagai tutorial fotografi terutama bagi para fotografer pemula yang akan menekuni bidang fotografi untuk meningkatkan pengetahuannya agar dapat menghasilkan jepretan menarik. Beragam tutorial ini dapat diperoleh melalui berbagai media baik cetak maupun non cetak seperti buku, YouTube, Instagram, Blog, dan platform digital lainnya. Oleh sebab itu, dengan adanya peluang untuk meningkatkan kreativitas bagi anggotanya, mahasiswa ilmu perpustakaan dan masyarakat umum di bidang fotografi, ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan akan menyelenggarakan workshop fotografi sebagai wadah untuk menimba ilmu tentang fotografi. Workshop fotografi akan diselenggarakan secara online dengan Aplikasi Zoom pada Sabtu, 20 Februari 2021. 

Latar belakang lain adanya workhop ini juga disebutkan panitia bahwa di masa pandemi ini banyak orang yang memasak dengan diikuti kegiatan fotografi yang objeknya adalah makanan. Padahal, hal-hal yang berada di sekitarnya, selain makanan pun bisa menjadi objek fotografi yang bagus apabila dibarengi dengan mempelajari teknik-teknik fotografi. Maka dari itu, dipilih tema “Photography Bukan Sekedar Foodtography”, dimana peserta akan mempelajari teknik-teknik fotografi yang benar dan mengetahui makna dari foto yang diambil.  Workshop fotografi yang akan menghadirkan pembicara  Adib Arisma Saputra S.IP., selaku Ketua Divisi Fotografi dan Dokumentasi STKIP Nurul Huda dan juga Demisioner Organisasi ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan ini nantinya akan dikemas dalam model webinar (seminar online) dan perlombaan fotografi dengan tema “jembatan ilmu”. Jembatan ilmu memiliki makna tentang sarana, tempat, atau hal apa saja yang dapat menunjang kita dalam mendapatkan ilmu. Setelah mempelajari teknik dan mengetahui makna dari foto yang diambil, peserta diharapkan dapat menerapkannya dalam perlombaan fotografi dengan tema "Jembatan Ilmu". Dari tema lomba tersebut, peserta dapat mengetahui dan memilih objek seperti; tempat, sarana, atau hal apa saja di sekitar kita yang dapat menuntun kita mendapat ilmu. Kegiatan perlombaan ini juga bertujuan untuk menggali potensi dan juga menerapkan materi yang sudah diberikan oleh narasumber baik bagi anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, mahasiswa ilmu perpustakaan, maupun kalangan umum. Selain itu, dalam workshop ini nantinya akan diajarkan teknik-teknik fotografi bagi para pemula dengan beragam teknik khusus nantinya akan menghasilkan jepretan yang bagus dari objek yang diambil.

Bagi kalian yang tertarik dengan Workshop fotografi ini, ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan telah menyusun timeline kegiatan, antara lain pendaftaran workshop fotografi akan dilaksanakan pada 06-19 Februari 2021. Workshop fotografi akan dilaksanakan pada 20 Februari 2021, perlombaan fotografi pada 20-26 Februari 2021, penilaian lomba fotografi pada 27 Februari 2021-01 Maret 2021, serta pengumuman pemenang pada 02 Maret 2021. Workshop fotografi ini dapat diikuti oleh anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, mahasiswa Ilmu Perpustakaan serta masyarakat umum dengan melakukan pendaftaran secara daring melalui google form yang dapat dilakukan melalui tautan berikut ini.


Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment