ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Akan Menyelenggarakan ALUS Virtual Study di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia


@alusdiy

Dalam satu tahun terakhir ini, Pandemi Covid-19 telah menyebar ke pelbagai negara di dunia. Adanya pandemi Covid-19 ini telah memberikan dampak pada pelbagai sektor, salah satunya ialah Pendidikan. Pada sektor pendidikan yang awalnya dapat digelar dengan pembelajaran tatap muka, saat ini harus ditempuh secara daring (online) untuk sementara waktu. Selain metode pembelajaran pada sektor pendidikan, perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat dan membawa banyak perubahan digital pun saat ini juga telah di terapkan pada pelbagai perpustakaan di Indonesia salah satunya ialah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah menerapkan aplikasi virtual tour 360° yang diberi nama Virtual Tour Perpusnas Republik Indonesia. Virtual tour 360° adalah  salah satu  teknologi yang dapat digunakan untuk menjelajahi suatu tempat agar kita dapat memperoleh informasi serta gambaran berkaitan dengan tempat tersebut. Implementasi penggunaan virtual tour ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer atau smartphone. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat mempermudah masyarakat atau pustakawan yang ingin mengetahui detail gambaran Perpustakaan Nasional Republik Indonesia apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 telah menuntut setiap orang untuk tetap produktif beraktivitas dari rumah. 

Guna memberikan pengetahuan dan mengenalkan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada anggota dan masyarakat umum, ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan menyelengarakan ALUS Virtual Study dengan tema “ALUS Virtual Study Special Edition 360° Virtual Tour at PERPUSNAS Indonesia” yang juga merupakan program kerja dari Divisi Pengembangan Profesi yang bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan akan menyelenggarakan ALUS Virtual Study di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan akan diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan siaran langsung di kanal YouTube ALUS DIY pada Sabtu, 20 Maret 2021. Dalam acara ALUS Virtual Study, akan dipandu oleh  Faizuddin Ahmad, S.IP. selaku narasumber yang merupakan Pustakawan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sekaligus Demisioner Organisasi ALUS Asosisasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan.   

ALUS Virtual Study  akan dikemas dalam format webinar agar partisipan mendapatkan informasi yang menarik dari narasumber. Selain itu, partisipan juga akan diajak jalan-jalan secara  virtual menggunakan aplikasi Virtual Tour di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sehingga tanpa beranjak dari tempat masing-masing, partisipan akan merasakan sedang berada di dalam Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Bagi kalian yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini, silakan manfaatkan akhir pekan kalian dengan hal yang bermanfaat, salah satunya dengan cara mengikuti webinar virtual study ini. Bagi kalian yang tertarik dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, baik dari anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, mahasiswa Ilmu Perpustakaan, ataupun masyarakat umum sekalipun, segera daftarkan diri kalian melalui link berikut ini.  Pendaftaran dibuka pada tanggal 6–19 Maret 2021 dan pelaksanaan Webinar pada Sabtu, 20 Maret 2021 pukul 09.00–11.00 WIB. 

 


Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment