Kuliner Wajib di Coba Saat Berwisata Ke Yogyakarta

Berwisata merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan, terlebih saat kita juga dapat merasakan kuliner di destinasi wisata yang kita kunjungi salah satunya di Yogyakarta. Saat berwisata ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya apabila kita tidak mencoba kuliner yang di jajakan di kota yang mendapatkan julukan kota gudeg ini. Berikut literaksipedia berbagi informasi tentang lima kuliner wajib di coba, diantaranya ialah sebagai berikut :
1. Kawasan Stasiun Tugu Jogja Ada Angkringan dan Kopi Joss
Saat kalian berada di daerah stasiun tugu Jogja biasanya di sisi utara Stasiun Yogyakarta atau banyak orang menyebutnya dengan stasiun tugu banyak warung angkringan yang juga menjajakan kopi joss yang biasa dibanderol dengan harga Rp. 5.000.-. Kopi joss memiliki cara penyajian yang unik, berbeda dari kopi-kopi lain yang dijajakan di tempat lain yaitu dengan mencelupkan arang pada kopi yang telah dibuat untuk disajikan ke pelanggan. Arang dengan kondisi masih membara pada tungku dibersihkan dan dicelupkan pada segelas kopi sehingga menimbulkan letupan-letupan yang berbunyi joss. 


2. Lanjut ke selatan menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan Yogyakarta Menikmati Oseng Mercon Bu Narti
Setelah menikmati kopi joss, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menikmati Oseng Mercon Bu Narti. Yogyakarta banyak dikenal dengan kuliner yang memiliki rasa manis. Tapi siapa sangka, justru oseng mercon Bu Narti ini akan menguji level kepedesan pada lidahmu. Berdasarkan berbagai literatur yang kami baca, oseng mercon Bu Narti yang buka sore-malam hari ini merupakan salah satu pelopor oseng-oseng pedas di Yogyakarta. 




3. Mencoba Gudeg Yu Djum
Bagi yang berkunjung ke Yogyakarta, gudeg merupakan makanan yang tidak boleh dilewatkan oleh para food travelers. Salah satu gudeg yang terkenal di Yogyakarta ialah gudeg Yu Djum. Gudeg yang dirintis oleh Djuwariyah atau dikenal dengan Yu Djum ini sudah ada sejak 1951. Mengutip websitenya, Saat ini, gudeg Yu Djum Pusat memiliki beberapa cabang antara lain di :
a. Jl. Kaliurang Km. 4,5 CT III / 22 Karangsasem, Mbarek, Yogyakarta
b. Jl. Laksda Adisucipto Km. 8,7 (Samping Hotel Sheraton) Yogyakarta
c. Jl. Wates Km. 5,5 Ambarketawang, Gamping, Sleman Yogyakarta
d. Jl. Wonosari - Yogya Km. 7 Gading Playen - Gunungkidul
e. Jl. Raya Jogja - Magelang (Depan SPBU Baledono)
f. Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta
Pada gudeg Yu Djum ini para penikmat kuliner akan ditawarkan dengan berbagai pilihan menu, diantaranya ialah paket gudeg nasi, paket gudeg besek dan paket gudeg kendil. 

                                                      
                                                        via http://gudegyudjumpusat.com

4. Di Kawasan Kaliurang Menikmati Kuliner Ndeso di Kopi Klotok Pakem
Bagi yang kangen dengan kuliner dengan menu ndeso, di Yogyakarta bagian utara ada warung makan yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Kopi Klotok. Walaupun namanya Kopi Klotok, namun menu yang dijajakan tidak hanya sebatas kopi, akan tetapi banyak varian menu lainnya seperti sayuran khas desa seperti lodeh, jipang, berbagai aneka sayur dan lauk lainya. Selain itu, salah satu menu yang membuat para pelanggan turut antri adalah pisang goreng. Warung Kopi Klotok yang biasa buka pagi- malam ini berlokasi di Jalan Kaliurang KM. 16 Pakembinangun, Pakem, Sleman Yogyakarta.



5. Mangut Lele 
Bagi yang suka makan lele, di Jogja ada makanan yang berbahan dasar lele. Lele ini dimasak dengan cara diasap dan dimasak dengan kuah santan, bumbu cabai, dan berbagai rempah lainnya. Menu makanan di Mangut lele Mbah Marto disajikan dengan konsep prasmanan, yang berarti pengunjung dapat mengambil sendiri makanan yang telah disajikan. Mangut lele yang berlokasi di daerah Sewon, Bantul, Yogyakarta juga menjadi salah satu tempat kulineran favorit para penikmat kuliner saat berada di Jogja.



Demikian lima rekomendasi kuliner yang wajib di kunjungi saat anda berada di Yogyakarta. Tertarik dengan berbagai varian menu diatas, silahkan ke Yogyakarta dan nikmati kulinernya yang menggugah selera.


Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment