Langkah-Langkah Membuat dan Mengembangkan Website

Bagi sebagian besar orang, memiliki website merupakan hal yang mustahil. Akan tetapi, dengan kemudahan-kemudahan yang telah diterapkan dalam perkembangan teknologi informasi dan adanya berbagai macam platform, memudahkan banyak orang untuk membuat website. berikut beberapa langkah dalam membuat dan mengembangkan website :

1. Membuat Ide

Image by nugroho dwi hartawan from Pixabay

Dalam membuat sebuah website diperlukan ide yang kreatif. Ide atau gagasan ini menjadi dasar dalam menentukan arah pengembangan atau konten yang akan dimasukkan dalam sebuah website. Misalnya berkaitan dengan kuliner, pendidikan, teknologi, dan berbagai tema lainnya. 

2. Tentukan Platform

Image by Werner Moser from Pixabay 
Modal awal yang harus diperhatikan dalam membuat website selain membuat ide ialah menentukan platform yang digunakan. Platform yang akan digunakan ini diusahakan kalian sudah menguasai dalam penggunaannya terlebih dahulu misalnya blogger, wordpress, joomla, drupal atau platform lain sesuai dengan kemampuan individu masing-masing.

3. Menentukan Domain dan Hosting

Image by Jireh Gibson from Pixabay 

Langkah selanjutya ialah menentukan domain dan hosting yang akan digunakan. Dalam menentukan domain, usahakan menggunakan nama yang mudah di hafal, singkat, jelas dan mewakili konten yang akan dibangun pada website. Contohnya www.literaksipedia.com yang berkaitan dengan berbagai pembahasan seperti yang tertera pada website ini dan/atau jangan lupa saat menentukan nama domain juga ditentukan ekstensi dari domain tersebut misalnya .com , .ac.id , .co , .co.id , .org , sch.id dan berbagai ekstensi lain yang dapat diperoleh di berbagai situs penyedia domain dan hosting. Untuk hosting, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan layanan yang diterapkan. Beragam hosting banyak ditawarkan oleh para penyedia diantaranya ialah web hosting dengan space, bandwidth, email, panel, database dan berbagai layanan lainnya dengan beragam harga.

3. Berkreasi dengan Template dan Kostumasi Website

Image by mohamed Hassan from Pixabay  
Menerapkan website dengan template yang menarik dengan konten yang bermanfaat akan banyak mendatangkan viewer bagi website yang telah dibangun dan dikembangkan. Oleh sebab itu, pastikan website yang dibangun & dikembangkan memiliki konten yang baik, mudah digunakan, responsif, dan memiliki kecepatan akses yang memadai.

4. Publikasikan
Apabila website yang dibangun dan dikembangkan sudah siap. Langkah terakhir ialah publikasikan konten-konten yang telah dibuat ke jagat maya.


Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment