Ragam Manfaat Saat Menulis

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Menulis merupakan salah satu aktivitas mendokumentasikan atau mengekspresikan segala hal yang masih ada dalam pikiran atau imajinasi. Banyak orang berkata bahwa, menulis merupakan aktivitas yang sulit dilakukan karena mungkin belum terbiasa dalam menulis dan banyak kesulitan dalam mengekspresikan gagasan untuk dituangkan dalam sebuah tulisan. Sedangkan, bagi yang suka menulis, aktivitas ini justru memberikan banyak kebermanfaatan. Pada tulisan ini, literaksipedia akan berbagi tentang manfaat menulis bagi rekan-rekan yang akan memulai atau yang sudah terbiasa dalam hal kepenulisan apapun itu bentuknya. Berikut kami jabarkan manfaat menulis di bawah ini :

1. Membuat Hidup Lebih Terstruktur
Aktivitas tulis menulis dapat menempatkan diri kita lebih terstruktur. Hal ini dapat terjadi karena kita dapat melakukan penjadwalan dari berbagai aktivitas yang akan dilaksanakan baik dalam keseharian, mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan. Kita dapat mendokumentasikan segala bentuk perencanaan melalui tulisan, termasuk saat kita akan menjadwalkan diri kita untuk menulis sesuatu. 

2. Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi 
Menulis merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif. Saat menulis, kita memerlukan berbagai macam referensi yang menjadikan sebagai bahan rujukan informasi. Disaat itulah terjadi aksi bagi kita untuk mengidentifikasi, mencari, dan mengolah informasi yang telah kita temukan menjadi sebuah tulisan sehingga aktivitas ini  akan membantu meningkatkan literasi kita termasuk didalamnya berkaitan dengan literasi infomasi. 

3. Sebagai Sarana untuk Menghasilkan Gagasan Baru
Menulis merupakan salah satu media yang tepat dalam menyampaikan gagasan-gagasan baru setiap orang. Mereka dapat menuliskan gagasan mereka melalui berbagai macam tulisan sehingga dapat mengembangkan berbagai gagasan untuk disebarluaskan dan memberikan manfaat bagi orang lain. 

4. Melatih Seseorang untuk Berkarya
Menulis merupakan salah satu media untuk berkarya. Hasil karya yang dihasilkan baik itu karya umum, karya sastra dan berbagai karya lain seperti hasil penelitian yang dihasilkan dapat memberikan reward bagi para penulis yang telah menghasilkan karya mereka seperti namanya akan  mudah dikenal orang lain, serta karya yang mereka hasilkan dapat bermanfaat bagi orang lain. 

5. Menjadi Media Komunikasi yang Efektif
Selain berkomunikasi melalui lisan (oral communication), media komunikasi lain yang dapat kita gunakan yaitu melalui tulisan. Melalui tulisan inilah, kita dapat menyampaikan pesan kepada orang lain tentang berbagai hal termasuk berbagai hal yang positif. Selain itu, sebagai media komunikasi yang juga efektif, tulisan yang telah disebarluaskan dapat membuat orang lain tergugah untuk merespon tulisan yang telah mereka baca seperti menjadikan tulisan sebagai motivasi untuk melakukan perubahan yang lebih baik, baik untuk diri sendiri mereka yang membaca atau orang lain.

6. Menulis Sebagai Sumber Penghasilan
Menulis dapat dijadikan oleh seorang penulis untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Saat ini banyak sarana bagi para penulis untuk menghasilkan uang melalui tulisan. Para penulis dapat menerbitkan tulisannya melalui media cetak atau online yang memiliki orientasi dalam membantu seseorang untuk menghasilkan uang bagi para penulis. 

7. Sebagai Media Dokumentasi Saat Ini dan Dimasa yang Akan Datang
Saat ini, berbagai tulisan yang telah ditulis oleh seorang penulis dapat dijadikan media dokumentasi yang efektif untuk dimasa yang akan datang. Banyak orang akan membutuhkan tulisan yang telah ditulis pada masa sebelumnya sebagai salah satu sumber pengetahuan di masa yang akan datang dan bisa jadi tulisan tersebut memilki nilai sejarah yang sangat penting bagi diri sendiri atau orang lain.



Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment