Cara Membuat Bookmark Pada Karya Ilmiah

Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia mewajibkan civitas akademika nya untuk mengumpulkan karya ilmiah untuk selanjutnya akan diunggah pada repositori atau digital library milik institusi. Dalam kaitanya dengan pengumpulan karya ilmiah yang dikumpulkan untuk diunggah, biasanya lembaga perguruan tinggi dalam hal ini perpustakaan sebagai pengelola karya ilmiah mewajibkan setiap civitas akademika mengumpulkan hardcopy dan softcopy dalam format pdf yang telah di bookmark. Bookmark dapat dimaknai sebagai penanda atau navigasi pada sebuah dokumen. Berbicara tentang file softcopy yang di bookmark, kali ini literaksipedia akan membuat langkah-langkah bagaimana untuk membuat bookmark pada softcopy file karya ilmiah yang akan dikumpulkan di perpustakaan atau institusi perguruan tinggi sebagai berikut :
1. Siapkan file yang akan dibuat bookmark. Pastikan file yang akan dibuat bookmark berekstensi .pdf (Portable Document Format).
2. Gunakan aplikasi yang mendukung untuk menampilkan dan membuat bookmark pada file yang berekstensi .pdf (Portable Document Format). Misalnya kita bisa menggunakan aplikasi Nitro Pro, Foxit Reader, atau menggunakan aplikasi lain yang support untuk membuat bookmark pada file pdf. 
3. Buka file menggunakan aplikasi yang telah disebutkan diatas lalu kita pilih menu / submenu / navigation tab untuk bookmark pada masing-masing aplikasi yang menyediakan bookmark. Pada tutorial ini literaksipedia langsung menggunakan judul setiap halaman untuk membuat bookmark secara otomatis, yaitu dengan cara mem block judulnya pada setiap halaman (contoh : lihat pada gambar), lalu di klik kanan pilih Add Bookmark, maka secara otomatis bookmark akan ditambahkan pada sisi kiri halaman file pdf seperti pada gambar. Lakukan secara berulang pada halaman lainnya hingga prosesnya selesai. Sebagai catatan, apabila saat menambahkan bookmark tidak muncul tulisanya secara otomatis pada sisi kiri halaman (Untitled), maka setelah kita menambahkan bookmark seperti pada langkah sebelumnya, kita harus mengganti (renameUntitled  dengan cara menuliskan secara manual kata kunci yang akan kita jadikan bookmark sesuai dengan yang dikehendaki. 


Gambar : Print Screen File Bookmark
4. Apabila sudah selesai membuat bookmark, langkah terakhir adalah save file agar file yang sudah dibuat bookmark dapat tersimpan. 
Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

1 comment: