Membuat Daftar Pustaka Mudah Melalui Google Scholar

Daftar pustaka merupakan tulisan yang memuat deskripsi penulis dari sebuah karya. Biasanya, dalam daftar pustaka memuat berbagai keterangan seperti nama penulis, tahun terbit, judul karya penulis, kota terbit, penerbit dan berbagai cantuman lainnya seperti link website, nama jurnal, halaman, volume, dan nomor. Daftar pustaka diletakkan dibagian akhir dalam sebuah tulisan. Berkaitan dengan daftar pustaka, saat ini telah banyak pedoman-pedoman yang dapat kita jadikan acuan sebagai bagian dari proses untuk membuat daftar pustaka seperti model Harvard, Vancover, APA, dan lain sebagainya. Keberadaan daftar pustaka dalam sebuah naskah tulisan sangatlah penting bagi seorang penulis terlebih untuk menguji kecocokkan antara apa yang dikutip dengan yang tertulis di daftar pustaka memiliki deskripsi yang sama terutama pada nama pengarang dan tahun diterbitkannya sebuah karya yang dijadikan sebagai rujukan. Selain itu juga digunakan untuk memberikan credit pada penulis karya untuk menghindari tindakan plagiarisme. Bagi seorang penulis, membuat daftar pustaka saat ini tidaklah sulit, terlebih saat ini sudah ada bantuan google scholar yang dapat membantu kita dalam proses membuat daftar pustaka. Untuk langkah membuat daftar pustaka dengan bantuan google scholar adalah sebagai berikut : 
1. Membuka laman google scholar di (https://scholar.google.com/)


Capture Tampilan Google Scholar

2. Tulis kata kunci, judul atau nama pengarang dalam kotak pencarian
3. Setelah muncul hasil pencarian, yang perlu dilakukan adalah temukan referensi / artikel / buku yang sesuai dengan yang kalian cari sebagai bahan rujukan.
4. Apabila sudah menemukan artikel/buku yang dicari, klik cite atau pada tanda (") sehingga akan muncul berbagai model daftar pustaka seperti MLA, APA, Chicago, Harvard, dan Vancover.
5. Gunakan model daftar pustaka sesuai dengan acuan dari tulisan yang akan ditulis dengan cara mem blog daftar pustaka yang telah dipilih sesuai dengan model pengutipan, lalu klik kanan dan kita copy.
6. Langkah terakhir adalah mem-paste pada daftar pustaka tulisan yang sedang kita buat sebagai referensi / sumber rujukan dari tulisan yang telah kita masukkan saat mengutip. 
Sebagai catatan, apabila dalam sebuah buku, artikel atau karya ilmiah lainnya sebagai bahan rujukan yang kalian peroleh melalui media cetak atau non cetak tidak menemukannya di google scholar, kita dapat langsung menuliskannya secara manual di lembar kerja yang sedang kita buat secara manual, namun penulis tidak boleh keluar dari kaidah/standar baku yang berlaku pada model/kutipan yang akan kita gunakan.

Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment