Cara Membuat Penomoran Halaman di Microsoft Word

Screenshoot Penomoran Halaman yang Berbeda  

Dalam beberapa pedoman penulisan, penomoran halaman merupakan salah satu poin penting untuk memudahkankan para pembaca menemukan konten yang mereka cari pada halaman yang telah ditulis oleh para penulis sebuah karya hanya dengan melihat daftar isi. Biasanya, penomoran halaman dimulai dengan halaman romawi seperti (i,ii,iii,iv,v, dst.) yang digunakan untuk penomoran halaman sebelum bab I atau halaman awal sebagai pengantar dan disambung dengan halaman angka (1,2,3,4,5, dst.) untuk penomoran halaman BAB I, BAB II dan seterusnya. Untuk membuat penomoran halaman, terkadang masih banyak yang kesulitan membuatnya melalui aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word atau sejenisnya. Pada tulisan ini, literaksipedia akan berbagi cara membuat halaman dengan versi yang berbeda dari romawi ke angka melalui Microsoft Word sebagai berikut :
1. Buka Microsoft Word. Siapkan file yang akan disisipkan halaman.
2. Untuk membuat penomoran halaman romawi, gunakan Insert > Page Number > Format Page Number > Pada Number Format dirubah ke angka romawi > Page Numbering pilih Start at i apabila halaman akan dimulai pada romawi i, lalu klik ok.
3. Apabila file yang akan diberi halaman merupakan lanjutan dari halaman atau file sebelumnya penomoran halaman pada Page Numbering pilih Continue from previous section, lalu klik ok.  
4. Setelah kita mengatur Format Page Number kita pilih Top of Page atau Bottom of Page untuk menempatkan halaman yang akan kita buat atau disesuaikan dengan pedoman baku yang telah ditentukan oleh masing-masing institusi atau penerbit. 

Setelah membuat halaman Romawi, untuk membuat halaman Angka kita gunakan langkah-langkah dibawah ini
5. Untuk melanjutkan halaman romawi ke angka, silakan tempatkan kursor ke akhir kata pada halaman terakhir yang diberi angka romawi. Selanjutnya Klik Page Layout, lalu pilih Break kemudian Section Break  maka otomatis kursor akan berpindah ke halaman selanjutnya. Kemudian, penomoran halaman dengan format angka dapat dilakukan seperti pada langkah nomor (2), hanya perlu dilakukan perubahan pada Number Format menjadi angka 1,2,3.

Sebagai catatan untuk memutuskan tautan antara header dan footer antar halaman silakan block halaman yang akan diputuskan tautannya, kemudian klik warna kuning pada Link to Previous.

Buka dokumen dan pilih halaman yang akan diberi nomor Pilih opsi tata letak atau layout pada Microsoft Word 2016. Pilih opsi break lalu pilih halaman berikutnya atau next page Di halaman setelah break, klik dua kali di bagian atas halaman atau header. Bisa juga klik dua kali di bagian bawah halaman atau footer. Terserah di mana ingin menampilkan nomor halaman. Setelah diklik maka akan muncul tab desain Berikutnya, klik tautan sebelumnya atau link to previous untuk memutuskan sambungan header dan footer dari header atau footer di bagian sebelumnya Di dalam pilihan header dan footer, klik nomor halaman kemudian pilih lokasinya Untuk memilih format atau mengontrol nomor awal, dalam grup Header & Footer, pilih Nomor Halaman > Format Nomor Halaman Klik Format angka untuk memilih format penomoran, seperti a, b, c atau i, ii, iii Anda bisa menyesuaikan lebih lanjut di dalam kotak format penomoran

Baca selengkapnya di artikel "Cara Membuat Penomoran Halaman yang Berbeda di Microsoft Word 2016", https://tirto.id/ed9m
Berikut ini cara membuat dan menambahkan nomor halaman atau format nomor yang berbeda pada halaman lain dalam aplikasi Microsoft Word 2016. Buka dokumen dan pilih halaman yang akan diberi nomor Pilih opsi tata letak atau layout pada Microsoft Word 2016. Pilih opsi break lalu pilih halaman berikutnya atau next page Di halaman setelah break, klik dua kali di bagian atas halaman atau header. Bisa juga klik dua kali di bagian bawah halaman atau footer. Terserah di mana ingin menampilkan nomor halaman. Setelah diklik maka akan muncul tab desain Berikutnya, klik tautan sebelumnya atau link to previous untuk memutuskan sambungan header dan footer dari header atau footer di bagian sebelumnya Di dalam pilihan header dan footer, klik nomor halaman kemudian pilih lokasinya Untuk memilih format atau mengontrol nomor awal, dalam grup Header & Footer, pilih Nomor Halaman > Format Nomor Halaman Klik Format angka untuk memilih format penomoran, seperti a, b, c atau i, ii, iii Anda bisa menyesuaikan lebih lanjut di dalam kotak format penomoran

Baca selengkapnya di artikel "Cara Membuat Penomoran Halaman yang Berbeda di Microsoft Word 2016", https://tirto.id/ed9m
Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment