Media Belajar Online Untuk Belajar Dari Rumah

Gambar oleh Oberholster Venita dari Pixabay

Akhir-akhir ini banyak lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran jarak jauh bahkan meliburkan sekolah untuk mencegah penyebarluasan virus Covid-19 atau Corona. Guna mengatasi hal tersebut, para pelajar dan mahasiswa diminta untuk belajar dari rumah. Selain proses pembelajaran jarak jauh yang diterapkan, banyak sumber-sumber dari situs dan aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran para siswa dan mahasiswa dari rumah masing-masing, antara lain sebagai berikut :

Untuk memenuhi kebutuhan pemustakanya, perpustakaan nasional telah melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya.

2. Edx
Edx merupakan platform yang digunakan untuk pendidikan dan pembelajaran. Edx telah menjadi rumah bagi lebih dari 20 juta pelajar yang didirikan oleh Hardvard dan MIT.

Ruangguru membantu para siswa untuk belajar di rumah melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis yang  bisa diakses mulai Senin 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB dan 14.00-18.00 WIB setiap Senin-Jumat.
 
Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas.

Coursera merupakan situs yang digunakan membangun keterampilan dengan kursus, sertifikat, dan gelar online dari universitas dan perusahaan kelas dunia.

6. Alison
Alison merupakan salah satu platform pembelajaran gratis tersebar di dunia untuk pendidikan dan pelatihan keterampilan.

7. Directory of Open Access Journals
Directory of Open Access  Journals (DOAJ) merupakan layanan direktori online yang mengindeks dan menyediakan akses terhadap jurnal terbuka (Open Access) dengan kualitas tinggi. Layanan ini dapat diakses secara gratis melalui https://doaj.org. Saat ini, sampai tanggal 17 Maret 2020 Pukul 08:14 WIB  DOAJ telah menyediakan 14,368 Journals, 11,389 searchable at Article level, 133 Countries & 4,722,219 Articles

8. Google Scholar
Google Scholar merupakan layanan yang diberikan bagi para pencari literatur dari berbagai macam disiplin ilmu dengan berbagai fomat publikasi. Literatur yang terindeks oleh google scholar antara lain artikel, tesis, disertasi, buku, abstract, repositori online dan berbagai macam literatur relevan lainnya dari tulisan yang ada di seluruh dunia. Google Cendikia (Google Scholar) ini dapat diakses melalui situs https://scholar.google.com/ .

9. Khan Academy
Khan Academy merupakan salah satu situs yang menawarkan pelatihan berupa praktik, video instruksional, dan dasbor pembelajaran yang dipersonalisasi dengan memberdayakan peserta didik untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri di dalam dan diluar kelas. Berbagai materi ditangani seperti Matematika, Sains, Pemrograman Komputer, Sejarah, Sejarah Seni, Ekonomi, dan lainnya. 

Selain yang dipaparkan diatas, masih terdapat berbagai situs yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran antara lain Desmos ,  Kelas Pintar,  Google BooksSekolahmuMicrosoftQuipper SchoolGeoGebraGuruDigitalCodeGoogle,ClassroomExplorelearningKelasKita,  ZeniusCodecademy,  BrainlyIndonesiaX dan Neliti. Demikian berbagai situs dan aplikasi yang dapat Literaksipedia share sebagai media pembelajaran, semoga dapat bermanfaat untuk belajar jarak jauh berbasis daring (online).






Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment