5 Trik Pencarian Informasi yang Efektif & Spesifik Melalui Search Engine


                                                     Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay
Bagi kalian yang sedang mencari informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo!, Bing, Ask dan lain sebagainya tentu sudah tidak asing lagi dengan dengan basic search (yaitu mencari informasi dengan search box), dimana kita tinggal memasukkan kata kunci yang akan dicari di kolom pencarian. Disadari atau tidak, terkadang hasil pencarian yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, atau hasil pencarian yang ditemukan menghasilkan jumlah yang besar sehingga kita harus memilih dan memilah informasi sesuai dengan yang dibutuhkan. Pada tulisan ini, literaksipedia akan berbagi cara untuk mencari informasi yang efektif dan spesifik, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Gunakan Metode Pencarian dengan Mengadopsi Logika Boolean (AND, OR, NOT)
Metode ini digunakan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan pembahasan tertentu yang lebih spesifik melalui search box. Contohnya sebagai berikut :
a. AND : mencari informasi yang berkaitan dengan 2 topik tertentu, misalnya skripsi AND tesis, maka informasi yang keluar pada hasil pencarian berkaitan dengan skripsi dan tesis.
b. OR : mencari informasi yang berkaitan dengan salah satu dari dua topik pencarian yang dimasukkan, misalnya skripsi OR tesis, maka informasi yang keluar pada hasil pencarian berkaitan dengan skripsi atau tesis.
c. NOT : mencari informasi yang berkaitan dengan kata kunci yang ditulis di depan dari dua topik pencarian yang dimasukkan, misalnya skripsi NOT tesis, maka informasi yang keluar pada hasil pencarian berkaitan dengan skripsi.

2. Dengan memberikan FRASE ("........")
Dalam mencari informasi yang lebih spesifik, kalian bisa menambahkan frasa dengan menambahkan tanda petik "........" pada setiap kata kunci yang dimasukkan. misalnya informasi yang akan dicari tentang Covid-19, maka gunakan "Covid-19" untuk menemukan hasil pencarian yang spesifik tentang topik tersebut.

3. Gunakan Advanced Search
Setiap search engine biasanya menyediakan fasilitas penelusuran advanced search yang berguna untuk memberikan kemudahan pengguna menemukan informasi yang lebih spesifik. Ada beberapa fasilitas penelusuran yang dapat kita gunakan, misalnya Google Advanced Search , Yahoo! Advanced Search dan masih banyak lagi search engine lain yang menerapkan advanced search.

4. Gunakan Ekstensi File Pencarian
Terkadang kita ingin mencari informasi dalam bentuk dokumen atau format file tertentu pada mesin pencari. Kita dapat menggunakan ekstensi file pencarian dengan menerapkan ekstensi di akhir kata kunci yang kita cari. Misalnya kita akan mencari informasi yang berkaitan dengan Sepakbola dengan format file dengan hasil pencarian berupa dokumen pdf, maka kita dapat menuliskan di kolom pencarian yaitu sepakbola.pdf sehingga akan muncul file tentang sepakbola yang berekstensi pdf. Kalian juga bisa mencari file berdasarkan ekstensi file masing-masing informasi yang akan dicari misalnya .docx., .xls., .ppt., PNG., CDR., dan lain sebagainya.

5.  Gunakan @
Penggunaan @ biasanya digunakan untuk mencari informasi berkaitan dengan profil seseorang di media sosial. Untuk mencarinya masukkan nama profil yang akan dicari dan tempatkan @ pada awal username, contoh @hendyyprasetyo, maka akan menghasilkan informasi yang berkaitan dengan @hendyyprasetyo.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi yang efektif & spesifik melalui search engine.

Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment