Aplikasi Wajib yang Harus Dimanfaatkan oleh Para Mahasiswa Selama Kuliah

                                             Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay
Bagi kebanyakan mahasiswa, saat ini banyak yang memanfaatkan smartphone untuk berbagai tujuan, salah satunya dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran di perkuliahan. Ada beragam aplikasi yang telah tersedia di Play Store / App Store untuk menunjang mereka selama kuliah. Berikut literaksipedia merangkum beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai berikut :

1. IPusnas
Perpustakaan Digital merupakan perpustakaan yang memiliki koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital (ebooks). Beragam aplikasi tersedia untuk menunjang proses pembelajaran misalnya Ipusnas dan lain masih banyak aplikasi perpustakaan digital lainnya. iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook.
2. WPS Office + PDF Reader
Dalam mengolah kata atau angka, saat ini mahasiswa sudah mulai terbantu dengan adanya berbagai aplikasi seperti WPS Office+PDF yang dapat mempermudah pekerjaan mereka dalam mengerjakan tugas setiap mata kuliah. Pada aplikasi ini, mahasiswa juga dapat memanfaatkannya untuk membuka dan mengolah file dalam berbagai format, seperti Microsoft Word, Excel, Powerpoint, Bahkan Portable Document Format (PDF).

3. Browser
Dalam mencari informasi tambahan dalam mengerjakan tugas kuliah, mahasiswa juga memerlukan berbagai aplikasi peramban (browser) untuk menunjang pencarian informasi di internet. Ada berbagai aplikasi yang dapat di download oleh para mahasiswa, misalnya Chrome, Mozzila, dan berbagai aplikasi web browser lainnya.

4. Kamus
Kamus merupakan salah satu aplikasi yang wajib di install mahasiswa di smartphone nya masing-masing. Biasanya masing-masing perguruan tinggi mengajarkan berbagai mata kuliah asing seperti bahasa Inggris dan berbagai bahasa lainnya, Maka kamus ini akan bermanfaat untuk proses pembelajaran.

5. Social Media & Messanging
Saat ini penggunaan social media merupakan sarana yang dapat memudahkan mahasiswa dalam berinteraksi dengan rekan sejawat dan dosen bahkan dalam hal mengumpulkan tugas kuliah. Saat ini misalnya ada berbagai tugas kuliah yang harus dikerjakan bahkan dikumpul melalui social media atau messanging seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu para mahasiswa perlu install beragam aplikasi Social Media dan Messanging.

6. Penyimpanan Online
Beberapa dekade ini, ruang penyimpanan file berkembang begitu cepat seperti disket, flash disk dan lain sebagainya. Namun dalam perkembangannya, banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan online, misalnya Google Drive, Dropbox, 4shared, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan aplikasi ini setidaknya akan meminimalisir kehilangan data dan memungkinkan space penyimpanan file lebih banyak tanpa harus keluar banyak biaya.

7. Scanner


Dalam mengerjakan berbagai tugas kuliah dan utamanya dalam pengerjaan tugas akhir seperti skripsi, tesis dan disertasi, biasanya mahasiswa dalam mengumpulkan karya ilmiah diminta untuk scan beberapa bagian didalamnya, maka untuk meminimalisir pengeluaran anggaran untuk scan, kalian dapat memanfaatkan aplikasi scanner seperti Camscanner yang dapat dimanfaatkan secara mudah dan praktis.

8. Note
Aplikasi Note akan sangat berguna bagi mahasiswa untuk  mencatat daftar tugas harian mahasiswa. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menyisipkan gambar dan suara yang dapat mendukung catatan yang telah kita buat.

9. Barcode Scanner
Banyak konten yang saat ini menerapkan barcode scanner untuk memberikan informasi detail terkait dengan event seminar, workshop dan berbagai informasi lainnya yang ada di kampus. Adanya aplikasi Barcode Scanner di smartphone mu akan mempermudah informasi detail akan kalian peroleh karena kalian tinggal scan terhadap informasi detail yang sedang kalian cari dan otomatis akan langsung mengunjungi deskripsi detail atau website terkait untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

10. Simple Mind
Aplikasi Simple Mind memungkinkan para mahasiswa dapat membuat sebuah perencanaan (planning)  yang dapat disajikan berupa peta pikiran (mind map) atau biasa disebut dengan Mind Mapping. Dengan membuat Map Mapping, apapun yang di rencanakan dapat tersusun secara rapi dan menarik.

11. Email
Bagi kebanyakan dosen, banyak yang menerapkan tugas dikumpul by email daripada dicetak (print), hal ini dilakukan agar lebih efektif dan efisien, sehingga mahasiswa perlu memiliki email agar mempermudah dalam mengumpulkan tugas-tugas kuliah dan informasi yang berkaitan dengan perkuliahan juga dapat dikirimkan melalui email. Kalian dapat memanfaatkan berbagai aplikasi email seperti Gmail, Yahoo! dan berbagai aplikasi email lainnya.

Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment