Membuat Science Mapping Menggunakan Perangkat Lunak VOSviewer

Gambar 1. Contoh Hasil Pemetaan Topik Kajian (Network Visualization

Dalam membuat sebuah karya tulis, kita perlu melakukan sebuah penelusuran berkaitan dengan topik yang akan kita gunakan dan nantinya dapat digunakan untuk mengetahui posisi sebuah topik atau subjek yang saat ini sedang hangat untuk dibahas. Proses penelusuran ini dapat kita lakukan dengan menggunakan data-data publikasi yang sudah diterbitkan dalam sebuah artikel / jurnal atau data yang lainnya dalam kurun waktu tertentu. Dengan menggunakan data ini, kita dapat melakukan sebuah analisis bibliometrik yang dapat digunakan untuk menentukan  bidang kajian yang akan kita cari serta kita dapat mengetahui tren karya tulis yang pernah dilakukan dalam kurun waktu tertentu secara kuantitatif menggunakan data bibliografi. 

Berkaitan dengan analisis bibliometrik ini, kita juga dapat memetakan kajian berdasarkan beberapa hal misalnya dari referensi yang dikutip pada sebuah jurnal, mengetahui hubungan antar penulis satu dengan yang lainnya. kita juga dapat mengelompokkan berbagai artikel ilmiah berdasarkan bidang penelitian yang akan kita kaji, dan berbagai alternatif lain sesuai dengan kebutuhan penulis/ peneliti. Dalam membuat visualisasi, kita dapat memanfaatkan berbagai software yang memudahkan kita untuk memetakan, misalnya dengan menggunakan VOSviewer. VOSviewer merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membangun serta memvisualisasikan jaringan bibliometrik. Jaringan yang dimaksud misalnya berkaitan dengan sebuah jurnal, peneliti, atau publikasi individu, kutipan, bibliografi, kutipan bersama serta hubungan antara penulis satu dengan yang lainnya. Untuk dapat mendownload, VOSviewer  telah menyediakan aplikasnya dengan menyesuaikan dengan operating system yang digunakan disini.

Untuk dapat membuat visualisasi menggunakan Aplikasi Vosviwer, kita memerlukan data dari berbagai publikasi yang telah dipublikasikan dalam kurun waktu tertentu. Vosviwer akan membaca berbagai macam jenis data dari Web of Science, Scopus, Dimensions, Pubmed, RIS, EndNote, RefWorks, Microsoft Academic, Crossref, Europe PMC, Semantic Scholar, OCC, COCI, dan Wikidata. Untuk membuat sebuah visualisasi, kita akan dapat menciptakannya dengan menggunakan tiga alternatif antara lain yaitu berdasarkan network data, bibliographic data serta text data seperti gambar dibawah ini :

Gambar 2. Alternatif Type Data VOSviewer 

Untuk alternatif pertama, kita dapat menggunakan file hasil pengolahan data sebelumnya menggunakan VOSviewer. Pada alternatif kedua, digunakan untuk memvisualisasi berdasarkan data bibliografi yang ada misalnya judul, nama jurnal, penerbit pengarang, keywords, sitasi, referensi,  dan lainnya. Alternatif kedua ini nantinya dapat memvisualisasi kolaborasi antar penulis, menampilkan kata kunci, sitasi, melakukan visualisasi antara file yang memiliki subjek yang mirip serta kita dapat melakukan mengetahui berkaitan dengan referensi yang digunakan pada kajian sedang divisualisasi. Selanjutnya, untuk alternatif ketiga kita dapat memvisualisasi menggunakan text data yaitu judul atau abstract.

                                   Gambar 3. Tampilan Visualisasi Menggunakan VOSviewer 


Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment