ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Sukses menyelenggarakan ALUS Virtual Study


Paparan Pemateri Pada acara  ALUS Virtual Study 
Dalam satu tahun terakhir ini, Pandemi Covid-19 telah menyebar ke pelbagai negara di dunia. Adanya pandemi Covid-19 ini telah memberikan dampak pada pelbagai sektor, salah satunya ialah Pendidikan. Pada sektor pendidikan yang awalnya dapat digelar dengan pembelajaran tatap muka, saat ini harus ditempuh secara daring (online) untuk sementara waktu. Selain metode pembelajaran pada sektor pendidikan, perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat dan membawa banyak perubahan digital pun saat ini juga telah diterapkan pada pelbagai perpustakaan di Indonesia salah satunya ialah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah menerapkan aplikasi virtual tour 360°. Virtual tour 360° adalah salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk menjelajahi suatu tempat agar kita dapat memperoleh informasi serta gambaran berkaitan dengan tempat tersebut. Implementasi penggunaan virtual tour ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer atau smartphone. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat mempermudah masyarakat atau pustakawan yang ingin mengetahui detail gambaran Perpustakaan Nasional Republik Indonesia apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 telah menuntut setiap orang untuk tetap produktif beraktivitas dari rumah.

Tampilan Ruangan Perpusnas Secara Virtual

Guna memberikan pengetahuan dan mengenalkan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada anggota dan masyarakat umum, ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan menyelenggarakan ALUS Virtual Study dengan tema “ALUS Virtual Study Special Edition 360° Virtual Tour at PERPUSNAS Indonesia” yang juga merupakan program kerja dari Divisi Pengembangan Profesi yang bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Panitia menyebut, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang literasi, informasi, dan budaya. Selain itu, tujuan lainnya ialah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang dunia penerbitan. ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan menyelenggarakan ALUS Virtual Study di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan siaran langsung di kanal YouTube ALUS DIY pada Sabtu, 20 Maret 2021.  Dalam acara ALUS Virtual Study ini dipandu langsung oleh Faizuddin Ahmad, S.IP. selaku narasumber yang merupakan Pustakawan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sekaligus Demisioner Organisasi ALUS Asosisasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan.  


Para Peserta Antusias Mengikuti ALUS Virtual Study 

ALUS Virtual Study  yang dikemas dalam format webinar dan virtual tour ini dipandu oleh Shofiyyah Salma (Anggota Muda Divisi Pengembangan Profesi) selaku MC yang diawali dengan sambutan oleh Ketua Panitia ALUS Virtual Study, yaitu Siti Nurkhalisah dan dilanjutkan sambutan dari Ulfatun Madya selaku Ketua Umum ALUS Asosisasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan periode 2020-2021. Selanjutnya memasuki ke acara inti yang ditandai dengan sesi foto bersama dan penyerahan acara ke Izzatun Mar’atus Solikhah selaku moderator. Sembari persiapan share screen materi, moderator membacakan Curiculum Vitae (CV) narasumber, yaitu Faizuddin Ahmad, S.IP. Pemaparan materi dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama partisipan diajak jelajah virtual melalui aplikasi Virtual Tour Perpusnas Republik Indonesia atau melalui laman web https://www.perpusnas.go.id/virtualtour/ dan pada sesi kedua,  Faizuddin Ahmad, S.IP menjelaskan tentang pengenalan dan pemanfaatan layanan digital Perpusnas RI. Selesainya materi disampaikan, terdapat sesi diskusi antara partisipan dengan narasumber yang berlangsung secara aktif, baik pertanyaan yang dilontarkan oleh partisipan secara langsung di Zoom maupun melalui kolom komentar di YouTube ALUS DIY. Sebagai tambahan informasi, bahwa acara ALUS Virtual Study ini tidak hanya diikuti partisipan dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Pada puncaknya acara ditutup dengan pembacaan kesimpulan materi oleh moderator dan penyerahan kembali acara ke MC serta sesi foto bersama oleh seluruh partisipan. Antusias dari para peserta turut menyumbang keberhasilan dari acara ALUS Virtual Study ini. Diharapkan dengan adanya acara ini dapat memberikan pengetahuan dan pengenalan terkait dengan layanan digital Perpusnas RI serta pengenalan aplikasi Virtual Tour Perpusnas Republik Indonesia kepada seluruh partisipan.

Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment