Jogja Membaca 10 Sukses Diselenggarakan oleh ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan

@jogjamembaca
ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Jogja Membaca Jilid 10. Jogja Membaca merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk membaca atau melalui pelbagai kegiatan yang berkaitan dengan literasi. Kegiatan Jogja Membaca 10 yang diselenggarakan melalui live streaming serta webinar oleh ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan pada 02-04 April 2021 ini terbagi dalam tiga hari agenda kegiatan. Pada kegiatan reuni akbar yang diselenggarakan pada Jum’at, 02 April 2021, diisi oleh para ketua panitia (ketupat) Jogja Membaca #1– #10 yang memiliki pokok bahasan tentang kilas balik Jogja Membaca masing-masing periode dan diselenggarakan secara live streaming melalui akun Instagram @jogjamembaca. 
Sharing dengan Ketupat Jogja Membaca 

Sharing dengan Perwakilan Panitia #JogjaMembaca2



Sharing dengan Ketua Panitia #JogjaMembaca3-5

Sharing dengan Ketua Panitia #JogjaMembaca6-7

Sharing dengan Ketua Panitia #JogjaMembaca7-8

Sharing dengan Ketua Panitia #JogjaMembaca9-10

Selanjutnya, pada hari kedua Sabtu, 03 April 2021 diselenggarakan live streaming bersama Muhammad Rosyihan Hendrawan, SIP., M. Hum. selaku Demisioner ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang juga sebagai Dosen di Universitas Brawijaya Malang. Acara live streaming ini dipandu oleh Fuad Wahyu Prabowo, M.A. yang juga merupakan ketua ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Periode 2013-2014 dan Founder Startup Bibliocorp membahas tentang urgensi literasi.


live streaming Instagram @JogjaMembaca bersama Muhammad Rosyihan Hendrawan, SIP., M. Hum.
Pada hari kedua ini, topik diskusi yang menjadi pembahasan tentang literasi. 

Urgensi literasi yang dibahas oleh Muhammad Rosyihan Hendrawan, SIP., M. Hum ini dibahas secara detail berkaitan dengan literasi seperti urutan peringkat literasi negara yang dilakukan oleh The World's Most Literate Nation (WLMN), pandangan-pandangan tentang literasi, definisi literasi dari ragam negara, definisi literasi dari ragam organisasi, literasi sebagai seperangkat keterampilan otonom, literasi informasi, makna literasi secara luas, interaksi antara akademisi & praktisi hingga pelbagai hal lain yang menarik diulas dalam bidang literasi yang dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab.


Bagas Ali Prasetyo (helobagas)
Untuk acara yang terakhir yaitu Webinar via Zoom yang akan diselenggarakan pada Minggu, 04 April 2021. Webinar dengan tema “Menjaga Apa yang Perlu Dijaga” menghadirkan narasumber Bagas Ali Prasetyo yang merupakan penulis buku “Night Talks Before go to Sleep”, “Arial & Adara”, dan “Kita  & Waktu”. Beliau juga merupakan YouTuber (helo bagas) #CeritaSebelumTidur. Sedangkan untuk moderatornya yaitu Imam Ganendra yang juga merupakan Duta Bahasa DIY, Presenter serta Juara 2 Penelitian Reaktor for GC Austria (2019). Pada webinar ini, Bagas membawakan materi tentang new branding literation. Ada pelbagai media yang ia gunakan dalam berkarya seperti buku dan pelbagai media non cetak seperti wattpad, instagram, podcast, dan Youtube. Beliau juga menceritakan pengalamannya dalam berkarya sehingga dapat menjadi motivasi buat audience dalam berkarya. Sebagai tambahan informasi, bahwa penyelenggaraan kegiatan Jogja Membaca 10  ini bertujuan untuk menyambung silaturahmi dengan pendiri sekaligus ketua panitia Jogja Membaca selama satu dekade, memberikan apresiasi kepada panitia maupun seluruh yang terlibat dalam Jogja Membaca satu dekade, mengetahui seluk beluk literasi, memberikan informasi tentang pertanyaan permasalahan literasi, dan new branding literasi melalui media digital.






Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment