Tips Lolos Nulis di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta


Image by StartupStockPhotos from Pixabay 

Saat ini banyak penulis yang mencoba submit di berbagai jurnal, salah satunya melalui jurnal terakreditasi SINTA. SINTA Science and Technology Index merupakan sistem informasi yang berkaitan dengan penelitian dan berbasis web untuk mengukur kinerja para peneliti, institusi (lembaga) dan jurnal-jurnal di Indonesia. Sinta juga mampu menjadi tolak ukur serta analisisa, melakukan identifikasi terhadap kapasitas penelitian masing-masing institusi untuk mengembangkan kemitraan serta kolaboratif. Sinta juga dapat digunakan untuk melakukan analisis tren penelitian dan direktori pakar [1]. 

Sinta digagas pada tahun 2016 oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang juga melibatkan tenaga ahli dari berbagai institusi. Konten Sinta dari jurnal Indonesia yang telah dipublikasikan secara elektronik memiliki profile atau google Scholar dan Scopus preview dan berisi juga sejumlah sitasi, h-index, i-10 index. Dalam pengembangan yang selanjutnya akan mencakup prosiding paper, buku dan paten peneliti di Indonesia, dan profil penulis dari google scholar [1]. 

Sinta sendiri memiliki enam kategori mulai dari Sinta 1-6. Masing-masing kategori memiliki nilai akreditasi masing-masing, mulai dari Sinta 1 (dengan nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100), Sinta 2 (dengan nilai akreditasi 70 ≤ n < 85), Sinta 3 (dengan nilai akreditasi 60 ≤ n < 70), Sinta 4 (dengan nilai akreditasi 50 ≤ n < 60), Sinta 5 (dengan nilai akreditasi 40 ≤ n < 50), dan terakhir Sinta 6 (dengan nilai akreditasi 30 ≤ n < 40) [2].

Untuk dapat lolos pada jurnal nasional yang terakreditasi Sinta, para penulis harus serius dalam mengerjakannya mengingat untuk dapat lolos jurnal yang terakreditasi Sinta bukan perkara mudah. Pada tulisan ini, literaksipedia akan berbagi tips bagi para penulis atau peneliti yang akan mempublikasikan karya nya yang terakreditasi Sinta seperti yang biasa literaksipedia lakukan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Siapkan Naskah Publikasi

Hal yang pertama paling penting ialah menyiapkan naskah publikasi yang dihasilkan dari sebuah penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan kaidah penulisan dan standar penelitian secara baku sesuai dengan metode penelitian yang digunakan. Alangkah lebih baik apabila naskah yang telah disipakan mengandung unsur novelty (kebaruan). Naskah publikasi yang disiapkan ini bisa berupa karya yang dihasilkan secara individu atau kolaborasi.

2. Cari Jurnal yang Sesuai Dengan Topik Penelitian

Langkah kedua, silakan mencari jurnal melalui fasilitas penelusuran yang telah disediakan oleh Sinta. Melalui fasilitas penelusuran, kita akan memperoleh informasi berkaitan dengan jurnal yang kita masukkan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.  Hasil pencarian jurnal yang dilakukan akan diperoleh beragam informasi tentang nama jurnal dan afiliasi nya. Kemudian, ditemukan juga informasi tentang Sinta Score, H-Index, serta Citations nya. Untuk langkah yang kedua ini, pilihlah jurnal yang sesuai dengan topik dengan penelitian yang dilalukan. Misalnya penelitian tentang Pariwisata, kalian bisa mencari jurnal-jurnal yang berkaitan dengan Pariwisata. Apabila sudah menemukan jurnal yang tepat untuk submit, pastikan juga terdapat slot untuk submit pada jurnal tersebut atau biasanya ada informasi call for paper (periode tertentu publikasi yang akan datang) pada laman jurnal masing-masing.

3. Pelajari Deskripsi Jurnal

Setiap tulisan yang telah terbit pada jurnal yang terakreditasi Sinta memiliki beragam deskripsi untuk memberikan gambaran secara umum tentang tulisan yang akan diterbitkan. Misalnya berkaitan dengan cara submit jurnal, topik-topik apa saja yang dapat dimuat pada jurnal tersebut, periode penerbitan, etika penulisan, pedoman penulisan, dewan redaksi, peer review, kebijakan penyimpanan data, etika publikasi, biaya publikasi, aplikasi / situs yang digunakan untuk cek plagiat, kebijakan pengarsipan, pengindeks an dan berbagai gambaran lain yang biasanya disediakan oleh pengelola jurnal. 

4. Tulis Karya Ilmiah Sesuai dengan Template

Apabila kita sudah menyiapkan tulisan, sudah menentukan jurnal yang akan di submit, dan mempelajari deskripsi jurnalnya silakan tulis / susun tulisan sesuai dengan template baku jurnal yang ada. 

5. Submit

Langkah terakhir, silakan submit karya ilmiah kalian pada jurnal yang sudah kalian pilih. Untuk dapat melakukan submit, biasanya kita diminta untuk melakukan registrasi. Apabila sudah berhasil melakukan registrasi, kita dapat melakukan submit dengan melakukan input deskripsi bibliografi serta manuskripnya hingga proses selesai.

Apabila lima langkah diatas sudah selesai seluruhnya, kita tinggal menunggu feedback dari pengelola jurnal untuk tahapan berikutnya apabila jurnal dapat diterima yaitu tahapan review serta editing sebelum jurnal dapat diterima secara final untuk dipublikasikan.

Daftar Pustaka

[1] https://sinta.kemdikbud.go.id/about (Diakses Pada Kamis, 03 Februari 2022)

[2] https://sinta.kemdikbud.go.id/home/faq#ans2 (Diakses Pada Kamis, 03 Februari 2022)

Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment