Wajib Baca, Deretan Aplikasi & Situs Untuk Membantu Menyelesaikan Karya Ilmiah

                                                     Gambar oleh StockSnap dari Pixabay 

Buat kalian yang sedang mengerjakan sebuah karya ilmiah untuk tujuan penulisan jurnal ilmiah atau tugas akhir seperti skripsi, tesis, disertasi, dan pelbagai macam tulisan lainnya, ada pelbagai macam aplikasi atau situs yang dapat dimanfaatkan. Aplikasi atau situs tersebut dapat digunakan untuk mempermudah dan membantu mempercepat dalam menyelesaikan karya ilmiah yang sedang dibuat diantaranya ialah sebagai berikut :

1. e-Resources Perpusnas

Setiap karya ilmiah yang dibuat, pasti membutuhkan pelbagai macam referensi ilmiah. Salah satu situs yang wajib kalian coba ialah e-Resources Perpusnas. Melalui situs e-Resources Perpusnas, kalian dapat mengakses beragam jurnal, ebooks, dan pelbagai macam karya-karya referensi online yang lain baik terbitan lokal maupun internasional. Untuk dapat memanfaatkan layanan tersebut, kalian perlu mendaftar sebagai anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia agar memperoleh nomor anggota yang sah. 

2. Mendeley atau Zotero

Dalam membuat karya ilmiah, kita diharuskan membuat sitasi dan bibliografi dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman yang berlaku. Biasanya, pelbagai lembaga memiliki kebijakan masing-masing dalam menggunakan gaya penulisan sitasi dan bibliografi misalnya menggunakan model APA, MLA, Vancouver, ISO 690, dan lainnya. Dengan menggunakan Mendeley atau Zotero kalian akan dengan mudah dalam menyusun sitasi dan bibliografi secara efektif dan rapi.

3. Vosviewer

Bagi kalian yang sedang binggung mencari topik-topik penelitian, kalian bisa mencoba untuk memanfaatkan Vosviewer. Vosviewer merupakan perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk memetakan sebuah riset, membangun serta memvisualisasikan jaringan bibliometrik. Dengan memanfaatkan Vosviewer, kalian juga dapat mengetahui topik-topik penelitian apa saja yang sudah banyak diteliti dan dipublikasikan serta topik-topik yang masih memiliki peluang untuk diteliti lebih lanjut.

4. Publish or Perish

Seperti yang tadi diawal sudah dituliskan memperoleh pelbagai macam referensi ilmiah melalui e-Resources Perpusnas, kali ini kalian juga bisa memanfaatkan Publish or Perish. Publish or Perish adalah perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil serta menganalisis pelbagai kutipan akademik. Publish or Perish dapat didownload melalui situs https://harzing.com/ . Ada pelbagai macam sumber informasi yang dapat dicari dan dibaca menggunakan Publish or Perish antara lain adalah Crossref, Google Scholar, Google Scholar Profile, PubMed, Microsoft Academic, Scopus, Web of Science atau kita dapat melakukan import dari data external.

5. SPINNER.ID

Melalui situsnya, dijelaskan bahwa SPINNER.ID merupakan perangkat lunak yang berbasis web dan dapat dimanfaatkan untuk menulis ulang artikel dalam bahasa Indonesia sehingga para penulis dapat menghasilkan artikel yang baru dan unik serta dapat disajikan secara cepat, tetap dapat terbaca dan ramah dengan mesin pencari.

6. Grammarly

Buat kalian yang sedang menulis sebuah karya ilmiah perlu mencoba menggunakan Grammarly. Grammarly merupakan situs yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek ejaan, tata bahasa secara online dan mengoreksi pelbagai kekeliruan dalam menulis. Grammarly juga menyediakan pelbagai macam layanan lain yang berkaitan dengan kepenulisan. 

7. Turnitin

Turnitin merupakan layanan online berupa situs yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek similarity (kesamaan) pada suatu karya ilmiah terhadap karya ilmiah lainnya yang pernah dipublikasikan sebelumnya. Turnitin biasanya banyak dilanggan dan dikelola oleh pelbagai lembaga, terutama pada lembaga pendidikan yang berkontribusi dalam menghasilkan karya ilmiah. Sehingga, dengan pemanfaatan Turnitin untuk mengecek similarity (kesamaan) pada suatu karya ilmiah ini akan menghasilkan karya ilmiah yang baik dan berkualitas serta terhindar dari plagiat pada karya orang lain.

Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment