Trik Jitu Memilih Domain untuk Website

                                            Gambar oleh Markus Winkler dari Pixabay 

Bagi kalian yang sedang membuat serta mengembangkan sebuah website tentu ada salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan, yaitu nama domain. Penentuan nama domain ini harus memberikan kesan yang dapat menarik banyak orang untuk mengunjunginya. Sehingga, dalam setiap pemilihan nama domain kita tidak boleh asal jadi. Setiap pemilihan nama domain tentunya harus mencerminkan nama, identitas, brand, organisasi, lembaga atau hal lain yang nantinya akan mencerminkan konten yang ada di dalamnya. Pada tulisan kali ini, literaksipedia akan berbagi trik jitu dalam memilih domain untuk website kalian sebagai berikut :

1. Tentukan Nama Domain yang Singkat dan Mudah di Ingat

Buat kalian yang akan membeli domain, hal yang pertama kali harus diperhatikan ialah menentukan nama domain. Nama domain yang singkat dan mudah di ingat merupakan salah satu daya tarik orang akan berkunjung ke website kita.

2. Menggunakan Nama Brand atau Identitas

Bagi sebagian besar pengelola website, penggunaan nama brand atau identitas sebagai nama domain ini telah menjadi bagian penting dalam proses penyebarluasan informasi. Banyak perusahaan, organisasi, lembaga, dan lainnya memanfaatkan nama brand atau identitas dalam pembuatan nama domain. 

3. Tentukan Ekstensi yang Tepat

Selain pemilihan nama domain, penentuan ekstensi domain ini juga sangat penting diperhatikan karena akan sangat bergantung pada tujuan penggunaan domain tersebut untuk konten yang ada di dalamnya. Misalnya pada perusahaan menggunakan (.com), organisasi (.org), dan lain sebagainya.

4. Hindari Penggunaan Angka atau Tanda Hubung

Dalam pemilihan nama domain, ada baiknya kalian untuk mempertimbangkan untuk menggunakan huruf tanpa menyertakan angka atau tanda hubung didalamnya. Hal ini agar memudahkan orang yang akan berkunjung ke website kalian agar tidak kesulitan ketika harus mengetik kombinasi antara huruf dan angka ataupun tanda hubung. 

5. Pastikan Ketersediaan Domain

Apabila kalian ingin membeli domain, pastikan ketersediaan nama domain serta ekstensinya tersedia sesuai dengan yang kalian inginkan. Misalnya literaksipedia akan membeli domain literaksipedia.com , pastikan terlebih dahulu ketersediaannya. Apabila nama domain yang akan dibeli tidak muncul atau tidak tersedia maka harus mencari alternatif nama atau ekstensi yang lainnya.

Selain kelima trik diatas, pemilihan nama domain juga mengacu pada aspek kebermanfaatan dari keberadaan domain dan seluruh konten yang ada di dalamnya, sehingga diharapkan dalam pemilihan nama domain yang baik dan benar ini akan memberikan manfaat tidak hanya dari pencipta konten, akan tetapi juga bermanfaat bagi para pembaca di masa yang akan datang.


Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment