Yuk Memanfaatkan ZoteroBib Untuk Membuat Bibliografi Secara Instan

ZoteroBib merupakan salah satu situs yang dapat dimanfaatkan untuk menyisipkan bibliografi saat telah selesai mengutip dari berbagai sumber yang dijadikan sebagai referensi. Dengan menggunakan ZoteroBib kita dapat membuat bibliografi lebih efektif karena hanya perlu membuka situs https://zbib.org/ tanpa harus install aplikasi apapun. Situs  ini memiliki beragam gaya penulisan untuk bibliografi seperti APA, MLA, Chicago / Turabian, atau salah satu dari 9.000+ gaya CSL lainnya.  Dalam situs ini, terdapat berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan, misalnya membuat bibliografi secara otomatis, caranya tinggal memasukkan URL, ISBN, DOI, PMID, arXiv ID atau anda dapat mencari berdasarkan judul. Setelah memasukkan salah satu dari ke enam pilihan tersebut, langkah selanjutnya klik cite yang kemudian akan menghasilkan bibliografi sesuai dengan format tertentu yang kita dapat merubahnya sesuai dengan kriteria penulisan yang dibutuhkan.  
Selain menggunakan cara yang otomatis, kita juga dapat melakukan input secara manual apabila hasil pencarian terhadap URL, ISBN, DOI, PMID, arXiv ID atau judul secara langsung tidak ditemukan. Caranya ialah kita dapat mengisi form sesuai dengan item yang akan ditambahkan. Beberapa isian form tersebut antara lain berkaitan dengan item type, title, author, series, series number, volume, # of volumes, edition, place, publisher, date, original date, #of pages, language, ISBN, short title, URL, accessed, archive, Loc. in archive, library catalog, call number, abstract serta extra.  Kita dapat mengisinya sesuai dengan data yang ada pada item yang akan ditambahkan.
Pada ZoteroBib ini kita juga dapat merubah bibliografi dengan cara klik pada judul, mengedit item yang telah ditambahkan, menghapus item, copy citation/note, export HTML yang dapat ditambahkan dalam halaman web, dokumen RTF untuk dibuka di pengolah kata, atau file RIS atau BibTeX serta dapat melakukan impor ke manajer referensi. Dengan menggunakan ZoteroBib ini kita juga dapat melakukan penyimpanan bibliografi secara otomatis dalam penyimpanan lokal pada browser (namun, apabila kita menggunakan mode samaran, database bibliografi akan terhapus secara otomatis saat kita menutup browser yang telah kita gunakan sebelumnya). Terakhir, pada ZoteroBib ini terdapat layanan link to this version, ini berguna bagi kita apabila suatu saat ingin mengedit bibliografi pada perangkat lain, berbagi kepada orang lain dan atau beralih pada bibliobgrafi, kita dapat membuat salinan dengan cara Copy URL dari bibliografi yang telah kita buat sebelumnya (versi saat ini).

Baca juga :

Zotero, "Your Personal Research Assistant" Mudahkan Penulis Karya Ilmiah Menata Sitasi dan Daftar Pustaka

Membuat Daftar Pustaka Mudah Melalui Google Scholar

Hendi Prasetyo
Hendi Prasetyo

Adalah founder sekaligus penulis aktif pada Literaksipedia sejak 13 September 2019

No comments:

Post a Comment